MERANGKAK DI TANAH LIAT DEMI SEBUAH KEMANDIRIAN

Dengan berbekal “kursus” singkat dari salah seorang Tenaga Teknis dari BPTP Sumatera Barat tentang cara pengambilan sampel tanah lahan sawah untuk kemudian diteliti oleh pihak BPTP Sumatera Barat, penulis coba mengajak beberapa orang petani di Sungai Abang, Kenagarian Rangkiang Luluih untuk mem-praktekkan cara mengambil sampel tanah sawah penduduk setempat. Dengan harapan nantinya setelah sampel tanah tsb diperiksa oleh pihak BPTP, maka keluarlah rekomendasi pemupukan yg “cocok” dengan karakteristik tanah setempat.
“Sebuah petualangan bersama-sama masyarakat untuk meningkatkan taraf kehidupan melalui peningkatan produksi padi”, mungkin itulah sebuah ungkapan yang dapat mewakili pertanyaan “Untuk apa ini semua?”.
Kedepan setelah rekomendasi pemupukan berdasarkan spesifik lokasi dikeluarkan oleh pihak BPTP Sumatera Barat yang terletak di Sukarami,Kec Gunung Talang, Kab. Solok “Petualangan” ini akan dilanjutkan dengan melaksanakan “Denplot” pada sawah masyarakat Sungai Abang yg akan di mulai dari pengorganisasian masyarakat dalam Kelompok Tani, Sistem pengolahan tanah, pemilihan bibit unggul yg cocok dengan topografi wilayah setempat, sistem pola tanam “Jajar Legowo”, pemupukan, pengendalian hama, sampai ke penanganan pasca panen terhadap jerami agar lebih bermanfaat bagi “Kesehatan Lahan Sawah”.
Mudah2an “Petualangan” ini dapat bermanfaat terutama bagi masyarakat Rangkiang Luluih khususnya dan Kec. Tigo Lurah umumnya.

Explore posts in the same categories: KEARIFAN LOKAL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: