1 Time, 2 Jobs

Satu lagi kebiasaan masyarakat Rangkiang Luluih yang patut diacungi jempol, lihat saja gambar berikut :
pengusir-burung

Gambar diatas adalah sebuah alat yang dipergunakan untuk mengusir hama burung yang mengganggu ladang & sawah masyarakat, dengan penggunaan alat tersebut masyarakat tidak harus menunggui sawah dan ladang mereka kalau-kalau hasil pertanian mereka yang akan dipanen dimakan oleh hama burung,1 waktu untuk 2 pekerjaan. Teknologi Tepat Guna, mungkin itu ungkapan yang tepat untuk mengapresiasikan kearifan Lokal masyarakat Rangkiang Luluih ini. Teknik yang sebenarnya sangat sederhana, hanya dengan memanfaatkan tempurung kelapa sebagai penanti arus air dari hulu, ditambah benang/tali sebagai pengikat yang berikutnya diikatkan ke bambu yang berbentuk lengkung. Selanjutnya dari bambu yang sama diikatkan lagi tali yg direntangkan ke sawah/ladang, kemudian pada ujung tali tersebut diikatkan besi halus yg diletakkan didalam kaleng agar selalu menghasilkan bunyi yg akan ditakuti oleh burung. Bisa juga sepanjang bentangan tali tersebut diikatkan benda-benda yang berfungsi sebagai orang-orangan sawah.

Pertanyaannya sekarang adalah, Pernahkah kiat menemukan hal yang serupa di daerah lain?
Kalau dijawab ”Pernah” : Samakah tingkat pendidikan masyarakat daerah tersebut dengan masyarakat Rangkiang Luluih yang rata-rata hanya tamat Sekolah Dasar, yang disebabkan ekonomi mereka cukup lemah sehingga mereka tidak sanggup membiayai anak-anak mereka untuk melanjutkan sekolah pada pendidikan Tingkat Atas ke daerah luar dari Kecamatan Tigo Lurah, karena dikampung mereka sampai penghujung tahun 2008 ini belum ada satu pun SMA/sederajat.

Kalau dijawab ”Belum” : Pantaskah masyarakat Rangkiang Luluih kita beri Apresiasi dengan melakukan program-program pemberdayaan masyarakat dalam rangka percepatan pembangunan Fisik,Ekonomi Sosial,Kesehatan, dan Pendidikan daerah ini dari ketertinggalannya.

SEMOGA ADA PIHAK-PIHAK YANG TERTARIK DALAM MEMBANGUN RANGKIANG LULUIH/KEC. TIGO LURAH,KAB. SOLOK DEMI PERCEPATAN DAERAH INI KELUAR DARI KETERTINGGALANNYA DIBANDING DAERAH LAINNYA.

Explore posts in the same categories: KEARIFAN LOKAL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: